Rabu, 18 Juli 2012

Cara Mengantisipasi Hacker

Percaya atau tidak, kebanyakan dari kasus pembajakan akun di dunia maya ini yang makin marak terjadi saat ini sebenarnya bukanlah kasus yang benar-benar melibatkan si pelaku profesional sebagai hacker. Mengapa demikian? Asal kamu tahu di Indonesia nyaris tidak ada hacker yang profesional. Sebenarnya penyebab adanya kasus-kasus demikian dikarenakan kecerobohan sang pemilik akun sendiri. Kecerobohan inilah yang dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku yang tidak bertangung jawab yang mengaku dirinya adalah hacker. Berikut ini adalah tips untuk kamu agar lebih waspada dalam menggunakan layanan internet.

  1. Atur program browser agar tidak dapat mengingat password kamu.
  2. Jika kamu tetap ingin browser mengingat password kamu, maka jangan lupa untuk menghapus memorinya bila perangkat ini tidak digunakan lagi. Semisal kamu suka online dengan HP, dan HP kamu hendak dijual, maka jangan lupa meghapus memori browsernya.
  3. Ingatlah selalu log out jika sudah melakukan browser, terutama jika menggunakan laptop atau komputer teman dan di warnet.
  4. Waspada terhadap keyboard diwarnet yang mungkin sudah terpasang oleh Keylogger. Keylogger merupakan aplikasi atau program yang dapat merekam urutan ketikkan jari kita pada keyboard. Solusinya adalah ketika hendak mengetikan password di warnet jangan menggunakan keyboard, tetapi aktifkan menu On-Screen Keyboard (keyboard layar), dan ketiklah password kamu menggunakan mouse.
  5. Berhati-hatilah ketika kamu melakukan Log In. Walau halaman yang ditampilkan serupa, namun itu bisa saja halaman palsu. Hacker memanfaatkan fungsi flash untuk mengelabui sang calon korban pada halaman palsu. Untuk membedakannya, perhatikan apakah alamat yang terdapat pada addres bar sesuai dengan alamat yang kita masukkan, atau berubah menjadi alamat lain.
  6. Jangan suka mencentang tulisan "remember me" ketika akan Log In dengan menggunakan komputer teman atau di warnet. 
Itu adalah tips untuk mencegah para hacker tidak dapat mengutak-atik blog atau akun pribadi milik kita.

0 komentar:

Comments

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal
Baca Juga:
Langganan
Get It
Baca Juga:
Langganan
Get It